Rabu, 03 Maret 2010

PERKEMBANGAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU

PERKEMBANGAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU


1. KONDISI UMUM.

Sejalan dengan Visi dan Misi Kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Aceh Besar mengarah pada upaya-upaya dalam rangka meningkatkan kualitas dan pelayanan publik kepada masyarakat dengan melakukan beberapa bentuk nyata berupa program dan kegiatan demi mendukung terealisasinya fungsi dari Kantor PelayananTerpadu Satu Pintu (KPTSP) Kabupaten Aceh Besar.
Adapun prinsip-prinsip dasar Pelayanan Terpadu Satu Pintu adalah :
1. Hanya ada satu tempat yang dituju oleh masyarakat ketika memerlukan pelayanan perizinan
2. Pengelolaan perizinan dari tahap penerimaan permohonan sampai dengan penandatanganan serta pendokumentasian ada dalam satu instansi yaitu Kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu (KPTSP) Kabupaten Aceh Besar.
3. Dalam menjalankan kegiatannya Kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu (KPTSP) Kabupaten Aceh Besar berkordinasi dengan SKPD Teknis (terutama untuk izin-izin dengan eksternalitas tinggi) melalui Keputusan Bupati Nomor 31 Tahun 2010 tentang Pembentukan Tim Monitoring dan Evaluasi Perizinan Pada Kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Aceh Besar.
4. Kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu (KPTSP) Kabupaten Aceh Besar menfasilitasi SKPD (pusat data dan informasi) dalam pengelolaan kebijakan perizinan.
5. Masyarakat/pemohon hanya datang 2 kali dan ada pemisahan fungsi Front Office dan Back Office.
6. Ada transparansi prosedur, persyaratan, biaya dan ketentuan lainnya dan tersedia mekanisme pengaduan
7. Berorientasi kepada pelayanan prima
8. Kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu (KPTSP) Kabupaten Aceh Besar menjadi fasilitator dalam pelaksanaan perizinan

Pelayanan perizinan meliputi pemberian perizinan baru, perubahan perizinan, perpanjangan/her-registrasi/daftar ulang perizinan, dan pemberian salinan perizinan. Jenis pelayanan perizinan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) diselenggarakan dengan pola pelayanan terpadu satu pintu pada KPTSP yang meliputi:
1.Izin Mendirikan Bangunan (IMB)................................................... 15 Hari
2. Izin Gangguan / Hinder ordonantie (HO)....................................... 12 Hari
3. Izin Tempat Usaha (SITU).............................................................. 3 Hari
4. Izin Usaha Perdagangan (SIUP)...................................................... 3 Hari
5. Izin Usaha Industri (IUI)................................................................. 7 Hari
6. Tanda Daftar Industri (TDI)............................................................. 7 Hari
7. Tanda Daftar Perusahaan (TDP)....................................................... 5 Hari
8. Tanda Daftar Gudang (TDG)........................................................... 5 Hari
9. Izin Usaha Jasa Konstruksi(IUJK)................................................... 5 Hari
10. Izin Reklame..................................................................................... 7 Hari
11. Izin Pertambangan Daerah (IPD)..................................................... 15 Hari
12. Izin Bengkel..................................................................................... 3 Hari
13. Izin restoran/rumah makan.............................................................. 5 Hari
14. Izin Kapal Penangkap Ikan............................................................. 10 Hari
15. Izin Pengangkutan Hasil Laut......................................................... 4 Hari
16. Izin Tambak..................................................................................... 6 Hari

Pelayanan perizinan dapat dilakukan untuk satu jenis perizinan tertentu atau beberapa perizinan yang berkaitan secara paralel. Pelayanan beberapa perizinan secara paralel sebagaimana dimaksud pada ayat (3) berlaku ketentuan sebagai berikut:
a Surat permohonan berlaku untuk segala jenis perizinan yang dimohon;
b Satu proses pemeriksaan dan peninjauan lapangan dilakukan untuk kepentingan jenis perizinan bersifat teknis yang dimohon;
c Setiap kelengkapan persyaratan digunakan untuk semua jenis perizinan yang dimohon.

Tidak ada komentar: